Total Tayangan Halaman

Selasa, 18 Juni 2013

VISI DAN MISI CREDIT UNION



Sudahkah Visi Dan Misi Kopdit
Menjadi Inspirasi Arah, Tujuan, Tindakan Kopdit Anda?

Setiap kali anda menumpang taxi sudah tentu anda akan ditanya oleh sang Driver “kemana pak?” kontan pasti anda menyebutkan tujuan anda tanpa ragu “Bandara mas!!”, atau justeru jangan-jangan anda akan menjawab “hey..lo jangan banyak tanya, jalan aja. Bukan urusan lo”. Saya hampir dapat memastikan anda akan disuruh turun oleh Driver nya, meskipun sesungguhnya sang Driver lagi kejar setoran.
Driver saya analogikan sebagai ANGGOTA Kopdit anda dan Penumpang saya analogikan sebagai PENGELOLA Kopdit (maaf saya menggunakan analogi terbalik, yang umumnya para pakar, aktivis senior saya di CU/Kopdit menganalogikan Driver nya adalah Pengelola Kopdit dan Anggota adalah penumpangnya) Dari analogi di atas, apa yang terlintas dalam mindset saya? Pikirkan saja ketika anggota Kopdit (meskipun pengelola sudah pasti anggota juga) bertanya kepada pengelola Kopdit “pak/bu, Kopdit kita akan menuju kemana?, lalu sebagai pengelola anda menjawab “itu bukan urusan anggota, ini urusan kami sebagai pengelola, urusan Anda menabung secara teratur, meminjam dengan bijak dan bertanggungjawab mengangsur tepat waktu!!!” lalu esok nya sudah pasti anggota tersebut akan mengundurkan diri/keluar dan menarik simpanannya dari Kopdit anda, karena Kopdit anda tidak memiliki gambaran yang jelas tentang masa depan Kopdit, tidak jelas bagaimana mengembangkan asset yang bersumber dari anggota dan tidak jelas pula apa manfaat yang akan anggota terima.
Adakah hal ini terjadi pada beberapa Kopdit di GKKI? Sungguh ini akan menjadi saat buruk bagi pengelolanya jika saja hal ini terjadi. Lalu bagaimana pengelola Kopdit mementahkan anggapan ini? Ketika berbicara soal Arah, Strategi dan Tujuan Kopdit, maka tidak akan lepas dari penetapan, penajaman Visi dan Misi Kopdit itu sendiri. Apakah Visi dan Misi yang indah kata-katanya, panjang redaksinya akan menggambarkan keindahan Tujuan, Impian dan Cita-cita Kopdit ke depan? Tentu tidak demikian, lalu seperti apakah merumuskan Visi dan Misi yang baik, tepat dan benar?  Merumuskan visi dan misi Kopdit memang tidaklah mudah namun bukan berarti sulit bukan?.
Visi
Dalam Modul ACCESS yang dikembangkan oleh ACCU sebagai disebutkan bahwa Visi tidak hanya Gambaran Kopdit di masa depan, namun jauh lebih dari itu, pernyataan visi adalah Inspirasi Kopdit dan kerangka kerja bagi Rencana Strategis Kopdit, Visi tertulis dan secara konsisten dipahami, diterapkan dalam tindakan mengelola Kopdit, Kriteria Visi :
¨    Jelas, meyakinkan dan inspiratif
¨    Menetapkan arah bisnis Kopdit
¨    Mampu merespon perubahan pasar terkini
¨    Mencerminkan nilai-nilai dan identitas Kopdit
¨    Akan menjadi apa Kopdit menjadi jelas tergambar.
Visi adalah sesuatu yang ingin anda capai dan sesuatu yang anda lihat, nyatakanlah Visi sependek mungkin namun luas dan mengena. Sudahkah Kopdit anda memiliki Visi sesuai kriteria di atas? Apakah Visi Kopdit anda (Pengurus dan Manajemen), sangat dipahami dan diterapkan dalam mengelola Kopdit secara konsisten serta menjadi komitmen bersama untuk mencapai visi tersebut? Mudah-mudahan dengan membaca tulisan ini, anda segera mengadakan Rapat/lokakarya tentang Pemahaman, penajaman serta komitmen atas Visi dan Misi Kopdit anda.
Misi
Misi merupakan pernyataan tegas tentang keberadaan sebuah entitas (Kopdit) dan bisnis inti nya, fokus pada kegiatan bisnis saat ini, siapa kita, apa yang kita lakukan, siapa pelanggan kita dan bagaimana Kopdit melaksanakan pelayanan dengan para pelanggan (baca; anggota). apa Core Business (bisnis inti) Kopdit? Ya bisnis inti Kopdit adalah Financial Service. Dalam beberapa referensi yang saya baca, bahwa pernyataan misi haruslah merujuk dan diuraikan dari visi, seringkali di Kopdit ditemui, misi dibuat dengan redaksi yang amat panjang (sehingga jangankan untuk mudah dipahami, untuk menghafalnya saja susah) dan diuraikan dalam bentuk nomor (1,2,3,4) atau abjad (a,b,c,d), sebaiknya pernyataan misi maksimal berisi 25 kata dan dimulai dengan kata kerja (Management Cockpit Di Credit Union-Kumpulan Artikel Dari Jurnal Pelatihan CUDCC-Munaldus).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar